Senin, 08 Juli 2013

Puluhan Ribu Jenis Tanaman Obat Dunia Ada di Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia gudangnya tanaman obat. Pasalnya, dari 40 ribu tanaman obat di seluruh dunia, 30.000 di antaranya tersebar di negeri ini.

Celakanya keberadaannya belum menjadi perhatian meski sebagian masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya pemanfaatan bahan-bahan alami untuk kesehatan dan pengobatan penyakit.



"Perlu usaha kesinambungan penelitian, edukasi berkelanjutan pada masyarakat dan tentunya dukungan dari pemerintah," ungkap Indah Yuning Prapti, SKM, M.Kes, Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TO-OT), Tawangmangu di Jakarta belum lama ini.

Dikatakannya, kombinasi pengobatan modern berbahan alami jadi terobosan inovasi yang perkembangannya harus didukung oleh berbagai lapisan masyarakat. Perkembangan industri farmasi ini bertujuan untuk mencapai tingkat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.

"Pengobatan herbal dan pemanfaatan bahan alami untuk obat telah memberikan kontribusi bagi industri farmasi Indonesia,' katanya.

Agar produk obat dengan bahan alami Indonesia dapat menjadi produk yang diandalkan dan diterima di semua kalangan, serta mampu bersaing secara global, maka mutunya harus ditingkatkan, keamanannya harus dibuktikan, serta khasiatnya pun harus diteliti dan dapat dibuktikan secara ilmiah.


Sumber :
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Anita K Wardhani
http://www.tribunnews.com/2013/06/28/puluhan-ribu-jenis-tanaman-obat-dunia-ada-di-indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar